Senin, 21 Oktober 2013

Membuat Adenium Tumpuk Berbunga Kompak



Zaida Flora – Siapa yang tak setuju dengan keindahan adenium bunga kompak? Tentu banyak sekali yang berpikir keras tentang cara membikin adenium bunga kompak. Tak bisa disangkal bahwa kemampuan rajin dan kompak atas varietas bunga memiliki potensi yang paling tinggi.
Meskipun keindahan adenium tidak hanya dari kekompakan bunga, namun keindahan bentuk adenium tanpa bunga bisa jadi akan terasa hambar.

Teknik merawat adenium hingga berbunga kompak sendiri memiliki beberapa cara, dari cara mudah dan singkat hingga mendekati sulit, yaitu menunggu tanaman menjadi besar. Untuk itu, kami akan berbagi tips cara mudah membuat bunga kompak, khususnya adenium rosy (bunga tumpuk)

Membuat dan merawat adenium bunga single petal tentu saja lebih mudah daripada bunga rosy. Hampir semua bunga type single-petal bisa berpotensi menjadi bunga kompak. Tentu saja tiap jenis berbeda-beda tergantung karakter bawaan tanaman hibridanya.

Berikut ini langkah-langkah menciptakan bunga kompak :
  • Siapkan batang bawah, batang bawah atau rootstock tentunya harus cukup besar, kira-kira, bila diukur size potnya adalah pot ukuran minimal 30-35cm. Batang bawah bisa didapat dari tanaman asli biji maupun tanaman hasil stek/cutting. Kondisi tanaman batang bawah haruis sehat dan bebas penyakit, cukup tua dan sebisa mungkin memiliki bentuk membonsai (adenium bonsai style)
  • Grafting, umumnya varietas bunga banyak disediakan nursery dalam bentuk tanaman kecil atau grade A. Anda tinggal memilih bunga yang memiliki potensi paling mudah dibuat kompak. Umumnya, sang penjual bunga memang tidak menyertakan karakter pertumbuhan secara detail, sehingga sebagai pembeli harus pintar-pintar memilih karakter bunga yg cocok untuk bunga kompak type rosy.
  • Adenium rosy, memiliki banyak kekurangan karena tidak semua varietas mampu dibuat rajin dan kompak. Hanya beberapa yg memiliki karakter unggul yang mampu kompak. Di antara karakter-karakter unggul tersebut adalah sebagai berikut :
o   Size atau diameter kelopak bunga tidak besar, usahakan cari yang kecil sekitar 4cm, sehingga dalam tiap pucuk mampu menopang mekarnya beberapa bunga secara bersamaan.
o   Kondisi bunga saat mekar tidak merunduk, tetap tegak dan mampu mekar sempurna.
o   Daun adenium berukuran lebih kecil dan lebih tebal. Daun yg kecil sangat mudah bercabang sehingga mudah saat dibentuk menjadi mahkota. Sementara daun yg relative lebih tebal memiliki potensi tidak mudah rontok. Dari karakter yang tidak mudah rontok ini, daun lebih mudah berkonversi menjadi flower bud atau kenop bakal bunga.
  • Pastikan memakai media tanam yang baik, ph normal dan lebih padat atau tidak terlalu porous. Media yang terlalu poros mungkin bagus di satu sisi untuk pertumbuhan akar menjadi “kaki” namun memiliki banyak kelamahan dalam penyediaan air dan nutrisi bagi tanaman. Unsure hara pada media yang terlalu porous akan cepat larut/hilang saat penyiraman. Gunakan cow manure atau goat manure sekitar 50% pada media tanam tentu akan menghasilkan media yang sangat baik bagi adenium bunga  kompak.
Selamat berkarya……..

powered by :
Adenium Double Sun Up
(best rosy adenium for compact flower)



powered by :
Adenium Double Sun Up
(best rosy adenium for compact flower)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar