Selasa, 19 Mei 2015

Adenium Species No. 5 Dwarf Adenium

ADENIUM MINISIZE



Dalam tulisan terdahulu, praktek kultivasi adenium adalah kegiatan yang mengacu pada pengembangan dan penciptaan kultivar bonsai yang secara genetis mendekati kestabilan dalam progeny/keturunan. Lalu, apakah yang dimaksud minisize dalam seni adenium?

Apakah setiap adenium yg mini/kecil termasuk sebuah potongan cabang dari tanaman besar layak disebut minisize?


Konsep "MINI"  adenium tentunya sangat berbeda dengan pengertian kecil yg umumnya berlaku pada semua tanaman muda, karena konsep penciptaan minisize di adenium haruslah memiliki kelengkapan komponen adenium yg meliputi akar, caudex, cabang, daun dan bunga. Kurangnya salah satu komponen di atas, kemungkinan akan dapat meragukan keberadaan hasil pemuliaan tanaman adenium minisize.


Generasi Adenium minisize, dimulai dari sebuah tanaman yg dirilis oleh Godong Ijo nursery, dengan label red compacta. Red compakta ini dirilis dalam bentuk grafted plant, yang secara genetis memiliki genetically dwarf, yaitu sebuah tanaman adenium yg memiliki karakter utama pertumbuhan yg lambat. Ketika generasi red compacta menghasilkan keturunan melalui proses generatif, maka muncullah adenium mini yang biasa disebut sebagai adenium obesum Minisize Compacta.

Pertumbuhan yang lambat, yang merupakan ciri khas genetic dwarf pada tanaman memiliki ciri-ciri utama sebagai berikut :

- AKAR, akar adenium minisize cenderung dominan dalam pertumbuhannya. Bahkan dari sisi volume, mungkin akan lebih besar daripada caudex.

- CAUDEX, caudex pada minisize compacta cenderung konstan, tidak melebihi porsi atau bagian lainnya seperti perakaran. Meskipun tanaman bertambah besar, umumnya caudex akan tetap berukuran kecil.

- PERCABANGAN, cabang memiliki internoda yg rapat. Namun sangat menunjang bila dibuat rajin bercabang yg membuat tanaman tampak kompak atau roset.

- DAUN, daun berukuran mungil dibanding jenis lain dalam species yang sama. Cenderung melipat ke atas seperti mangkuk.

- BUNGA, baik ukuran maupun corak dapat bervariasi sesuai hasil breeding. Namum ukuran umumnya tidak berubah dari ukuran jenis lain pada species yang sama.


PERAWATAN :

Genetic Dwarf yg terkandung dalam minisize compacta membuat tanaman ini seperti didesain untuk tetap kecil sehingga sangat cocok bagi kita yg hanya memiliki halaman sempit. Perawatan dan training tanaman ini sangat ringan, karena kita tak perlu susah payah mengangkat dan memindahkannya. Kita bisa menambah kesan bonsai dengan tatanan akar, baik menyebar maupun melipat laksana sebuah adenium besar, tapi bergaya mini.

Root expose pada minisize sangat memungkinkan karena tanaman ini memiliki kecenderungan akar yang mudah panjang.

Perawatan lain, kita hanya perlu pemangkasan cabang. Pemangkasan selain bertujuan menghilangkan dormansi dan penyakit lain yg biasa menyerang pucuk, juga bertujuan agar bekas pangkasan dapat bercabang lebih banyak sehingga penampilan seluruh tanaman menjadi lebih kompak. Selain lebih kompak dari sisi daun, sudah barang tentu bunga akan lebih banyak yang bisa muncul dari setiap ujung cabang.

Adenium minisize, sampai saat ini mungkin baru minisize compacta yg positif memiliki keturunan yang stabil dari sisi pertumbuhan, namum dimasa mendatang, sangat dimungkinkan hibrid selain dari species obesum bisa dibuat minisize compacta, tentu akan lebih variatif dan menyenangkan bagi penggila adenium.


Zaida Flora


Tidak ada komentar:

Posting Komentar